Visi Misi

Visi Dinas Pertanian  Kabupaten Indramayu adalah : Terwujudnya Masyarakat Pertanian yang Sejahtera melalui Peningkatan  Produksi Pertanian yang Berwawasan Lingkungan”.

Pernyataan visi tersebut merefleksikan harapan gambaran peran di mata masyarakat dan kondisi yang diinginkan diwujudkan di masa depan.  Dengan pernyataan visi ini Dinas Pertanian Kabupaten Indramayu menempatkan diri sebagai fasilitator, dinamisator dan akselerator terjadinya peran serta dan pemberdayaan masyarakat tani dalam penyelenggaraan pertanian di Indramayu tahun 2011 –  2015.

Rumusan visi yang tertuang dalam Renstra Dinas Pertanian Kabupaten Indramayu  Tahun  2011 – 2015  merupakan  komitmen  organisasi  terhadap  arah kebijakan dalam penyusunan program dan kegiatan strategik sesuai kondisi objektif lingkungan startegis lingkup Dinas Pertanian  Kabupaten Indramayu dalam lima tahun ke depan.

Adapun kata kunci dari Visi Dinas Pertanian Kabupaten Indramayu tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut :

  • Sejahtera : diartikan memiliki rata-rata tingkat pendapatan yang memadai, pendidikan yang cukup dan derajat kesehatan yang baik sehingga dapat hidup layak (secara fisik dan non fisik).
  • Berwawasan Lingkungan : diartikan bahwa sarana produksi pertanian yang dipergunakan berwawasan lingkungan, sehingga produk yang dihasilkan tidak mengandung kimiawi.
  1. Pernyataan Misi

Misi Dinas  Pertanian  yang ditetapkan merupakan peran strategik yang diinginkan dalam mencapai visi dimaksud. Rumusan misi yang diangkat dalam Renstra Dinas Pertanian  2016 – 2021 didasarkan pada isu-isu strategis lingkup Dinas Pertanian untuk lima tahun ke depan, yang merupakan penjabaran dari visi Dinas Pertanian. Adapun Misi Dinas  Pertanian , yaitu :

  1. Mengembangkan Sumberdaya Manusia Pertanian

Pengembangan sumberdaya manusia pertanian ditujukan untuk meningkatkan profesionalisme sumberdaya manusia aparatur. Adapun kriterianya meliputi : tingkat pengetahuan dan keterampilan yang semakin tinggi, tingkat pendapatan dan kesejahteraan meningkat, serta etos kerja dan budaya kerja yang semakin professional bagi aparatur;

  1. Menata Sistem Produksi dan Distribusi Produk Pertanian

Penataan sistem produksi dan distribusi produk pertanian ditujukan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi serta menganekaragamkan jenis produksi. Peningkatan produktivitas dan efisiensi produksi dilakukan untuk semua komoditi yang telah berkembang selama ini. Penganekaragaman jenis produksi diupayakan dengan komoditas unggulan yang memiliki nilai ekonomi tinggi, dapat mensubstitusi dari luar daerah dan distribusi produknya meluas serta berorientasi ekspor. Penataan sistem produksi juga ditujukan untuk mengembangkan keterkaitan antar sektor dalam upaya penguatan struktur usaha dan perekonomian pedesaan;

  1. Mendorong Penerapan Teknologi Budidaya Pertanian

Penerapan teknologi budidaya pertanian  ditujukan untuk mendorong petani melaksanakan budidaya dengan teknologi yang dianjurkan sehingga peningkatan produksi dapat tercapai;

  1. Pemanfaatan Sumberdaya Pertanian berwawasan Lingkungan

Posisi sumberdaya alam dalam usaha pertanian sangat strategis dan merupakan pondasi yang harus dijaga, dipelihara dan bahkan diperkokoh keberadaannya, guna menjaga kesinambungan usaha pertanian yang berwawasan lingkungan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *